Like this ?

Rabu, 14 November 2012

Dokumentasi komunitas


*      Definisi
Para ahli mendefinisikan komunitas dari berbagai sudut pandang, yaitu sbb :
  1. Komunitas berarti sekelompok individu yang tinggal pada wilayah tertentu, memiliki nilai-nilai keyakinan dan minat yang relatif sama, serta berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.
  2. WHO (world Health organization) tahun 1974 mendefinisikan komunitas sebagai suatu kelompok sosial yang ditentukan oleh batasan-batasan wilayah, nilai-nilai keyakinan dan minat yang sama, serta ada rasa saling mengenal dan interaksi antara anggota masyarakat yang satu dan yang lainnya.
Keperawatan komunitas adalah pelayanan keperawatan profesional yang  ditujukan pada masyarakat dengan penekanan kelompok resiko tinggi dalam upaya pencapaian derajat kesehatan yang optimal melalui peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemeliharaan rehabilitasi dengan menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan yang melibatkan klien sebagai mitra dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan keperawatan.
Tujuan keperawatan komunitas
Tujuan keperawatan komunitas untuk pencegahan dan peningkatan kesehatan masyarakat melalui upaya-upaya sbb :
  1. Pelayanan keperawatan secara langsung atau  (direct care) terhadap individu, keluarga, dan kelompok dalam konteks komunitas.
  2. Perhatian langsung terhadap kesehatan seluruh masyarakat (Health general community) dengan mempertimbangkan permasalahan atau isu kesehatan masyarakat yang dapat memengaruhi  keluarga, individu, dan kelompok .


Prinsip keperawatan komunitas
Beberapa prinsip dalam melaksanakan keperawatan komunitas antara lain sebagai berikut :
  1. Kemanfaatan
                intervensi atau pelaksanaan asuhan keperawatan komunitas yang  dilakukan harus memberikan manfaat sebesar-besarnya baik komunitas, artinya ada keseimbangan antara manfaat dan kerugian.
  1. Otonomi
                dalam keperawatan komunitas, masyarakat diberikan kebebasan  untuk melakukan atau memilih alternatif terbaik  yang disediakan .
  1. Keadilan
                hal ini menegaskan bahwa upaya atau tindakan yang dilakukan sesuai dengan kemampuan atau kapasitas komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

☺ Thanks, udah berkunjung ☺