Like this ?

Rabu, 14 November 2012

Implikasi Etik Dokumentasi


Definisi Etik
Etik merupakan prinsip yg menyangkut benar atau salah, baik dan buruk dalam hubungan dg orang lain. Etik juga merupakan studi tetang perilaku, karakter dan motif yg baik serta ditekankan pada penetapan apa yg baik dan berharga bagi semua orang.

Prinsip-prinsip Etik Dalam Pendokumentasian
  Otonomi (otonomy)
  Berbuat baik (beneficience)
  Keadilan (justice)
  Tidak merugikan (non maleficience)
  Kejujuran (vereacity)
  Menepati janji (fidelity)
  Kerahasiaan (confidentiality)

Implikasi etik dokumentasi
  1. Pandangan etik dokumentasi keperawatan
            Proses dokumentasi ini akan menjawab pernyataan secara jelas. Informasi yang akurat akan membantu dalam pemecahan masalah yang membutuhkan dokumentasi yang objektif dalam situasi apapun.
     2. Menjaga kerahasiaan (privasi pasien).
    Hal ini dilakukan dalam praktik keperawatan. Pencatatan tentang pelayanan kesehatan merupakan suatu jaminan kerahasiaan dan keakuratan dalam asuhan keperawatan. Perawat berperan penting dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan pencatatan kesehatan pasien. Dalam penyiapan pencatatan harus berhati-hati karena kegiatan tersebut dijadikan jaminan kepercayaan.
Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:
                 mengeluarkan informasi data pasien, nama pasien, alamat, tanggal masuk, data rahasia seperti data klinis terdiri dari pemeriksaan, observasi, pengobatan, percakapan pasien dengan perawat.
     3. Moral perjanjian
      Moral perjanjian merupakan suatu pertimbangan etik yang digunakan dalam melaksanakan dokumentasi keperawatan. Yang termasuk dalam moral perjanjian adalah etik perizinan, mencangkup:
  1. Perizinan yang tak langsung; saat pengambilan darah untuk tes, pasien langsung memberikan tangan.
  2. Perizinan langsung; pasien dengan kemauannya sendiri datang ke rumah sakit.
  3. Perizinan yang perlu pemberitahuan; pasien perlu membuat keputusan rasional sebelum menentukan keputusan; pasien perlu tindakan operasi, maka dokter harus memberikan penjelasan lebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

☺ Thanks, udah berkunjung ☺