CARA MENCARI
MASALAH DAN PENENTUAN JUDUL PENELITIAN
1. KORELASI
KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN
PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
STUDI KOMPERATIF/PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR
SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV
PALANGKA RAYA
3. KUALITATIF/STUDI
KASUS
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
4. PROSENTASE
(KUANTITATIF)
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA
RAYA
LATAR BELAKANG
1. KORELASI
KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN
PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
a. Pengamatan
saya kemampuan belajar siswa cukup tinggi, tapi kenapa nilai ulangan/ujian
siswa rendah-rendah
b. Dalam
rekap nilai ulangan/ujian siswa hanya 35 % yang mendapat nilai 7 ke atas, 65 %
nilai 6 ke bawah, malah ada yang nilai 3
c. Pada
hal saat proses belajar mengajar siswa rata-rata baik dalam menjawab pertanyaan
guru, mencerna materi pelajaran dll
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
STUDI KOMPERATIF/PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR
SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV
PALANGKA RAYA
a. Pengamatan
saya terhadap proses belajar siswa cukup baik dan dalam merespon pertanyaan
guru cukup tinggi, baik siswa laki-laki maupun perempuan
b. Tapi
dalam hasil ulangan/ujian nilai siswa laki-laki sebahagian besar renda dari
siswa perempuan
c. Prosentase
siswa laki-laki yang mendapat nilai 70 ke atas paling 15 % saja, sedangkan
siswa perempuan diatas 70 keatas % 85 %
d. Sedangkan
pelayanan guru dalam proses belajar mengajar tidak ada perbedaan, malah siswa
laki-laki yang lebih banyak diperhatikan guru ketimbang siswa perempuan
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS 3 SMA NEGERI IV
PALANGKA RAYA
a. Dalam
proses belajar mengajar kemampuan siswa rata-rata baik bahkan melebihi dari
dari target pencapaian guru, tapi kenapa nilai ulangan/ujian siswa
rendah-rendah
b. Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, hasilnya kurang baik, cendrung
tidak mampu
c. Pada
hal saat proses belajar mengajar berlangsung aktivitas siswa sangat tinggi dan
respon mereka baik sekali.
4. PROSENTASE
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA
RAYA
a. Dalam
proses belajar mengajar kemampuan siswa rata-rata baik bahkan melebihi dari
dari target pencapaian guru, tapi kenapa nilai ulangan/ujian siswa
rendah-rendah
b. Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, hasilnya kurang baik, cendrung
tidak mampu
c. Pada
hal saat proses belajar mengajar berlangsung aktivitas siswa sangat tinggi dan
respon mereka baik sekali.
CARA MERUMUSKAN
MASALAH
1. KORELASI
APAKAH ADA KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA
DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
APAKAH ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA
LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA
RAYA ?
3. KUALITATIF/STUDI
KASUS
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS 3 SMA
NEGERI IV PALANGKA RAYA ?
4. PROSENTASE
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE
KOTA PALANGKA RAYA ?
CARA MERUMUSKAN
HIPOTESIS PENELITIAN
1. KORELASI
APAKAH ADA KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA
DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?
Ho
: Tidak ada Korerlasi/Hubungan
Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka
Raya ?
Ha
: Ada Korerlasi/Hubungan
Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka
Raya ?
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
APAKAH ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA
LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA
RAYA ?
Ho
: Tidak Ada Perbedaan Antara
Prestasi Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada
Sma Negeri IV Palangka Raya
Ho
: Ada Perbedaan Antara Prestasi
Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada Sma Negeri
IV Palangka Raya
3. KUALITATIF/STUDI
KASUS
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS III SMA
NEGERI IV PALANGKA RAYA ?
4. PROSENTASE
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE
KOTA PALANGKA RAYA ?
CARA MERUMUSKAN TUJUAN
PENELITIAN
1. KORELASI
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN
BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA
PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA
SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
3. KUALITATIF/STUDI
KASUS
UNTUK MENDESKRIPSIKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS
III SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
4. PROSENTASE
UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE
KOTA PALANGKA RAYA !
CARA MERUMUSKAN
MANFAAT PENELITIAN
1. KORELASI
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN
BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
a. Bermanfaat
bagi guru dalam pengembangan proses belajar mengajar ke depan yang lebih
baik
b. Bermanfaat
bagi kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pembinaan
kepada guru-guru
c. Bermanfaat
bagi siswa sebagai bahan evaluasi diri
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA
PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA
SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
a. Bermanfaat
bagi guru dalam pengembangan proses belajar mengajar ke depan yang lebih baik,
evaluasi penerapan proses belajar mengajar, terutama fokus kepada siswa
laki-laki
b. Bermanfaat
bagi kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pembinaan dan
supervisi klinis kepada guru-guru
c. Bermanfaat
bagi siswa sebagai bahan evaluasi diri
3. KUALITATIF/STUDI
KASUS
UNTUK MENDESKRIPSIKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS
III SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
a. Bermanfaat
bagi siswa dalam mengevaluasi kembali kegiatan mengikuti proses belajar
mengajar
b. Bermanfaat
bagi guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang lebih baik, dan
memberikan banyak forsi perhatian belajar kepada siswa laki-laki
c. Bermanfaat
bagi kepala sekolah dalam mengambil kebijakan akademik
4. PROSENTASE
UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE
KOTA PALANGKA RAYA !
a. Bermanfaat
bagi siswa dalam mengevaluasi kembali kegiatan mengikuti proses belajar
mengajar
b. Bermanfaat
bagi guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang lebih baik, dan
memberikan banyak forsi perhatian belajar kepada siswa laki-laki
c. Bermanfaat
bagi kepala sekolah dalam mengambil kebijakan akademik
SAMPEL
|
KEMAMPUAN BELAJAR
|
PRESTASI BELAJAR
|
1
|
85
|
83
|
2
|
74
|
77
|
3
|
92
|
89
|
4
|
47
|
51
|
5
|
64
|
60
|
6
|
88
|
85
|
7
|
93
|
90
|
8
|
57
|
55
|
9
|
85
|
83
|
10
|
74
|
77
|
11
|
92
|
89
|
12
|
47
|
51
|
13
|
64
|
60
|
14
|
88
|
85
|
15
|
93
|
90
|
16
|
57
|
55
|
17
|
64
|
60
|
18
|
88
|
85
|
19
|
93
|
90
|
20
|
57
|
55
|
21
|
85
|
83
|
22
|
74
|
77
|
23
|
92
|
89
|
24
|
88
|
85
|
25
|
93
|
90
|
26
|
57
|
55
|
27
|
64
|
60
|
88
|
85
|
|
29
|
93
|
90
|
30
|
57
|
55
|
31
|
88
|
85
|
32
|
93
|
90
|
33
|
57
|
55
|
34
|
64
|
60
|
35
|
88
|
85
|
36
|
93
|
90
|
37
|
57
|
55
|
38
|
85
|
83
|
39
|
74
|
77
|
40
|
92
|
89
|
41
|
88
|
85
|
42
|
88
|
85
|
43
|
93
|
90
|
44
|
57
|
55
|
45
|
88
|
85
|
46
|
93
|
90
|
47
|
57
|
55
|
48
|
64
|
60
|
49
|
88
|
85
|
50
|
93
|
90
|
JLH
|
METODE PENELITIAN
1. KORELASI
KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN
PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
DESKRIPTIP
KORELASI
Ho
: Tidak ada Korerlasi/Hubungan
Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka
Raya
Ho
: Ada Korerlasi/Hubungan
Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka
Raya
RUMUS
Keterangan:
rxy = Angka Indeks Korelasi “r” Product
Moment
X = Skor Variabel X
Y = Skor Variabel Y
X =
Jumlah selirih skor X
Y =
Jumlah seluruh skor Y
XY =
Jumlah hasil perkalian antara skor X dan skor Y
N =
Jumlah Sampel
Dalam
melakukan interprestasi data, terlebih dahulu dicari derajat bebas (Db) dengan
rumus :
Db = N – nr
Db = Derajat bebas
Nr = banyaknya variabel yang dikorelasikan
N = Number of
cases/objek
ESTIMASI/KRITERIA :
Ha : diterima, apabila rh › rt
significance 5 % = 0,288
Ho : diterima, apabila rh ‹ rt
significance 5 % = 0,288
Ha : ditolak, apabila rh ‹ rt
significance 5 % = 0,288
Ho : ditolak, apabila rh › rt
significance 5 % = 0,288
Dengan berkonsultasi pada table nilai “r” Product
Moment DB = 48 dengan
taraf signifikan 5 % diperoleh r tabel = 0,288
Dalam memberikan interprestasi secara sederhana
terhadap angka indeks korelasi “r” Product Moment (rxy), pada umunya
dipergunakan pedoman atau ancar-ancar. Sedangkan kriteria untuk hipotesis mana
yang diterima ditetapkan sebagai berikut :
Besarnya “r”
Product Moment (rxy)
|
Interprestasi
|
0,00 – 0, 20
|
Angka
variabel X dan Y memang terdapat korelasi, akan tetapi korelasi itu sangat
lemah atau sangat rendah sehingga korelasi itu diabaikan (dianggap tidak ada
korelasi antara variabel X dan Y).
|
0,20 – 0, 40
|
Angka
variabel X dan Y terdapat korelasi yang lemah atau rendah.
|
0,40 – 0,70
|
Angka
variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang.
|
0,70 – 0,90
|
Angka
variabel X dan Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi.
|
0,90 – 1,00
|
Angka
variabel X dan Y terdapat korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi.
|
(Anas
Sudjono,2006:193)
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
STUDI KOMPERATIF/PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR
SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV
PALANGKA RAYA
3. KUALITATIF/STUDI
KASUS
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
4. PROSENTASE
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA
RAYA
1. KORELASI
APAKAH ADA KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA
DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?
Ho
: Tidak ada Korerlasi/Hubungan
Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka
Raya ?
Ho
: Ada Korerlasi/Hubungan
Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka
Raya ?
2. KOMPARASI/PERBEDAAN
APAKAH ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA
LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA
RAYA ?
Ho
: Tidak Ada Perbedaan Antara
Prestasi Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada
Sma Negeri IV Palangka Raya
Ho
: Ada Perbedaan Antara Prestasi
Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada Sma Negeri
IV Palangka Raya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar