BAB
I
PENDAHULUAN
A.
PENDAHULUAN
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal
telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan
seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi
yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi
dibidang kurikulum, sarana prasarana namun inovasi yang menyeluruh
dengan menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan.
Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang konvensional menjadi
non konvensional. Dalam rangka Innovative School, sekolah harus merespon
perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih yang
menyediakan segudang ilmu pengetahuan yang baru dan lama. Pembelajaran di
sekolah perlu menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih
efektif dan efisien. Walaupun demikian, peran guru tetap di butuhkan dikelas, ia sebagai desainer, motivator, pembimbing, dan sebagainya
dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap dihormati. Teknologi
Informasi dan komunikasi (ICT) merupakan suatu kebutuhan menuju innovative
school karena dengan penggunaan ICT diharapkan adanya peningkatan mutu belajar/ mengajar,
peningkatan produktivitas/efesiensi dan akses, peningkatan sikap belajar yang
positif pengembangan professional/staff dan adanya peningkatan
profil/pengenalan. Kelima hal tersebut merupakan harapan sekaligus kebutuhan yang menjadi dasar
perlunya penerapan ICT disekolah. Dengan demikian diharapkan sekolah
mengalami perubahan-perubahan yang sesuai dengan tuntutan global tetapi tetap
searah dengan visi dan misinya yang dikorelasikan
dengan kebutuhan sekolah dan daerah. Teknologi pendidikan seringkali
diasumsikan dalam persepsi yang mengarah pada masalah elektronika, padahal konsep
teknologi mengandung pengertian yang luas untuk itu dalam tulisan ini akan
dibahas lebih lanjut.
B.
RUMUSAN MASALAH
a. Apa Pengertian Teknologi Pendidikan
b. Apa macam-macam Teknologi Pendidikan
d. Apa hubungan Teknologi Pendidikan dan
”Innovative School”.
C. Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan makalah ini selain untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Inovasi dan
Teknologi Pendidikan juga bertujuan untuk mengupas tentang masalah Penerapan Teknologi Pendidikan dalam rangka
menuju ” Innovative school ”
D. Manfaat Penulisan
Penulisan makalah ini
tentunya mempunyai manfaat yaitu agar kita dapat mengetahui tentang Penerapan
teknologi pendidikan dalam rangka menuju “innovative school “
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Teknologi pendidikan
Sebelum membahas teknologi pendidikan terlebih dahulu perlu
diketahui pengertian teknologi. Kata teknologi seringkali oleh masyarakat
diartikan sebagai alat elektronik. Tapi oleh ilmuwan dan ahli filsafat ilmu
pengetahuan diartikan sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan
masalah praktis. Jadi teknologi lebih mengacu pada usaha untuk memecahkan
masalah manusia.
Menurut Yp Simon (1983), teknologi
adalah suatu disiplin rasional yang dirancang untuk meyakinkan penguasaan dan
aplikasi ilmiah.
Menurut Paul Saetiles (1968). :“Teknologi selain mengarah pada permesinan,
teknologi meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan
bukan manusia”. Pengertian Teknologi Pendidikan diabad ke-20 meliputi pertama proyektor slide, kemudian
radio dan kemudian gambar hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah sampai
lima belas teknologi lebih diartikan papan tulis dan buku.
Menurut Prof. Sutomo dan Drs. Sugito,
M.Pd :“Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks yang terpadu untuk
menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia atau pendidikan.
Menurut ”Mackenzie, dkk”
(1976) :“Teknologi Pendidikan yaitu suatu usaha untuk mengembangkan alat
untuk mencapai atau menemukan solusi permasalahan”. Jadi Teknologi
Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan. Lebih
detail dapat diuraikan bahwa: Teknologi Pendidikan lebih dari perangkat keras.
Ia terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar. Teknologi dapat
juga terdiri segala teknik atau metode
yang dapat dipercaya untuk melibatkan pelajaran, strategi belajar kognitif, dan
keterampilan berpikir kritis. Belajar teknologi dapat dilingkungan manapun yang
melibatkan siswa belajar secara aktif, konstruktif, autentik dan
kooperatif seta bertujuan.
B.
Macam-macam Teknologi Pendidikan
Dalam inovasi pendidikan
Tidak bisa lepas dengan masalah revolusi metode,
kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa
menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan. Sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang
memiliki daya saing global. Untuk itu ada lima teknologi baru yang dapat
menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik
a. Teknologi yang
pertama : Sistem berpikir
Sistem berpikir menjadikan kita untuk
lebih berhati-hati dengan munculnya tiap mode dalam dunia pendidikan. Hal ini
untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan
peningkatan riil dibidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep
sistem yang umum, dimana berbagai hal saling terkait.
b.
Teknologi yang kedua : Desain sistem
Desain sistem adalah teknologi
merancang dan membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah
perubahan yang cepat yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk menciptakan suatu
system yang baru dan suatu strategi untuk perubahan.
c. Teknologi yang
ketiga : Kualitas pengetahuan
Mutu
atau kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu
produk atau jasa/layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. Ilmu pengetahuan
yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi
pendidikan/ sekolah.
d. Teknologi
yang keempat : Manajemen Perubahan
Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu
energy kreatif kearah perubahan positif. Inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAC
(perencanaan. Organisasi, Aktualisasi, Kontrol)
e. Teknologi
yang kelima : Teknologi pembelajaran
Disini ada dua bagian yaitu peralatan Pelajar elektronik
(computer, multimedia, internet, dan telekomunikasi). Pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya
diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan
belajar.
Jadi teknologi pembelajaran adalah
sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan belajar. Kelima teknologi tersebut merupakan suatu keterpaduan untuk
menuju inovasi pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan / alat elektronik,
orang-orang,proses, manajmen intelektual untuk perubahan yang efektif.
2.
Macam-macam teknologi pendidikan menurut Davies (1972) ada tiga yaitu:
a.
Teknologi pendidikan satu Teknologi pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat
keras seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD ROM,
LCD, TV, Video dan alat elektronik lainnya. Teknologi mekenik ini dapat mengotomatiskan
proses belajar mengajar dengan alat yang memancarkan , memperkuat suara,
mendistribusikan, merekam dan mereproduksi stimuli material yang menjangkau pendengar/
siswa dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan
efesien.
b.
Teknologi pendidikan dua Teknologi
pendidikan dua mengacu pada ”perangkat lunak yaitu menekankan pentingnya
bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam kurikulum, dalam pengembangan
instruksional, metodologi pengajaran dan evaluasi. Jadi teknologi juga
menyediakan keperluan bagaimana merancang yang baru atau memperbarui yang
sekarang. Bermanfaat pada pengalaman belajar mesin dan mekanisme dipandang
sebagai instrument presentasi atau transmisi.
c.
Teknologi pendidikan tiga
yaitu kombinasi pendekatan dua teknologi yaitu peragkat keras dan perangkat
lunak. Teknologi pendidikan tiga, orientasi utamanya yaitu ke arah pendekatan
sistem, dan sebagai alat meningkatkan manfaat dari apa yang yang menarik. Dari
ketiga macam tekonologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan
dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya mengacu pada perangkat keras saja
seperti yang umum dijadikan sebagai persepsi yang benar, namun juga meliputi
perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat keras
dan lunak.
C.
Manfaat Teknologi pendidikan dan kekurangannya
1. Manfaat teknologi
pendidikan :
a.
Teknologi Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukungkonstruksi pengetahuan:
- Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman
dankepercayaan
- Untuk organisir produksi, multi media sebagai
dasar pengetahuan pelajar.
b. Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk
- Menyelidiki pengetahuan yang mendukung
pelajar :
- Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
- Untuk perbandingan perspektif, kepercayaan
dan pandangan dunia.
c.
Teknologi pendidikan sebagai media sosial untuk
mendukung pelajaran dengan berbicara.
-
Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
- Untuk mendiskusikan, berpendapat dan membangun
konsensus antara anggota sosial.
d.
Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung
pelajar
-
Untuk membantu pelajar memprentasikan apa yang mereka ketahui.
e.
Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu
pendidikan/sekolah.
f. Tekonologi pendidikan
meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
g.
Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan
pendidikan.
2. Kekurangannya
- Pihak guru yang tidak
bisa mengoperasikan elektronika akan tertinggalkan oleh siswa
-
Teknologi pendidikan baik itu hardware maupun soffware membutuhkan biaya
yang mahal.
-
Keterbatasan sarana prasarana sekolah akan menghambat
inovasi pendidikan.
- Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk Hardware
memerlukan control yang tinggi dari guru atauorang tua terutama internet dan
software.
- Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang
berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih
kurang
-
Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi
cenderung gagal.
D.
Hubungan Teknologi pendidikan dan innovative school inovasi pendidikan
Merupakan hal yang perlu dilakukan oleh
tiap sekolah jika sekolah ingin maju. Perubahan sekolah bukan hanya dilihat
dengan adanya seperangkat alat elektronika yang canggih di sekolah, namun banyak
aspek yang menjadi indikator. Innovative school artinya perubahan sekolah atau perubahan
pendidikan.
Ciri-ciri inovasi pendidikan dapat dikenal dengan beberapa identifikasi,
namun menurut Ashby 1967 ada empat :
ü Ketika masyarakat /orang tua mulai sibuk dengan peran keluarsehingga tugas pendidikan anak sebagian digeser dari orang tuapindah
ke guru atau dari rumah ke sekolah.
ü Terjadi
adopsi kata yang ditulis ke instruksi lisan
ü Adanya penemuan alat untuk keperluan percetakan yang
mengakibatkan ketersediaan buku lebih luas.
ü Adanya alat elektronika yang
bermacam-macam radio, telepon, TV,computer, LCD proyektor, perekan
internet, LAN, dsb ).
Keempat perubahan di atas di dunia
pendididkan telah menimbulkan banyak masalah, dan untuk itulah kelima teknologi
yang dibahas pada pointsebelumnya sangat membantu untuk solusi pemecahan. Perubahan
pendidikan/sekolah yang dinginkan sekolah sesuai dengan visi danmisinya.
Tentunya sangat tergantung pada lima teknologi tersebut yaitu sistem berfikir,
sistem desain, ilmu pengetahuan yang berkualitas, manajmen. Sekarang sekolah
negeri maupun swasta mulai berusaha kerasuntuk mengatur kembali
sistem pendidikan mereka. Banyak program sekolah yang ditawarkan pada
masyarakat baik itu jurusan maupun status sekolah yaitu SSN, unggul, model,
internasional, akselerasi dan sarana prasarana nya. Yang jelas perubahan
sekolah untuk menghadapi dunia global harus disiapkan dari unsur
SDM yang berkualitas sehingga mampu berfikir membuat
desain pendidikan yang baik. Jadi dapat dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan
teknologi pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Inovasi merupakan obyek dan teknologi pendidikan merupakan subyeknya. Dalam
inovasi pendidikan butuh SDM dan peralatan yang menunjang.
Inovasi pendidikan, sebaliknya SDM dan alat tidak akan berfungsi tanpa
digunakan untuk sasaran/tujuan yang pasti dan bermanfaat dimasa datang.
B
A B III
P
E N U T U P
A.
Kesimpulan
1. Teknologi pendidikan adalah proses yang komplek yang terpadu
untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/pendidikan.
2. Teknologi
pendidikan sangat diperlukan dalam usaha menuju innovative scholl
atau perubahan sekolah karena dalam teknologi pendidikan tidak hanya unsure
elektronik saja yang ada tapi SDM yang berkualitas atau mampu
berpikir, mendesain sistem, dan punya ilmu pengetahuan untuk melakukan manajmen
perubahan serta melakukan teknologi pembelajaran.
3. “ Innovative School “ perlu dilaksanakan
supaya sekolah mampu menjawab tantangan global dan tuntutan masyarakat.
B. Saran
1. Hendaknya sekolah mempersiapkan sarana prasarana untuk
kebutuhan tekonologi pendidikan.
2. Hendaknya sekolah menyiapkan SDM yang
siap menerapkan teknologi pendidikan untuk perubahan sekolah (Innovative School
).
3. Hendaknya pemerintah sering
mengadakan pelatihan seperti Jardiknas atau Diklat Komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Fred Percival dan Henry Ellington. 1998. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Andi Afifuddin. 2007. Penggunaan metode E-learning dalam proses
belajar Mengajar
K. Davis dan Davil H.
Jonassen. 1976. Teknologi Pendidikan dan
teknologi pembelajaran
Prof. Nyoman S. Degeng.
2004. Pembelajaran Konstruktivitas. Malang
Sutomo dan Sugito.
2005. Problematik Teknologi Pendidikan . Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar