Like this ?

Kamis, 03 Mei 2012

Boraks


TUGAS
ILMU GIZI
DOSEN : NANIK DWI SUKATI, S. Gz.







DISUSUN OLEH :
SURYANTO

YAYASAN EKA HARAP PALANGKA RAYA
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
PRODI DIII KEPERAWATAN
2011



Definisi Boraks

Boraks, juga dikenal sebagai sodium borate, tetraborate natrium, atau dinatrium tetraborate, merupakan senyawa boron yang penting, mineral, dan garam dari asam borat. Biasanya berbentuk serbuk putih terdiri dari kristal berwarna lembut yang mudah larut dalam air. Borax memiliki berbagai kegunaan. Digunakan untuk deterjen, kosmetik, enamel dan glasir, juga digunakan untuk membuat larutan buffer dalam biokimia, sebagai penghambat api, sebagai senyawa anti-jamur untuk fiberglass, sebagai insektisida, sebagai agen texturing dalam memasak, dan sebagai prekursor untuk senyawa boron lainnya. Selain itu juga disebut tincal, decahydrate tetraborate natrium (Na2B4O7 · 10H2O). Sebuah substansi, lembut dan ringan kristal tidak berwarna, boraks digunakan dalam banyak cara-sebagai komponen glasir kaca dan tembikar di industri keramik, sebagai pelarut untuk logam-oksida terak dalam metalurgi, sebagai fluks dalam pengelasan dan pematrian, dan sebagai aditif pupuk, suplemen sabun, desinfektan, obat kumur, dan pelembut air.

Bahaya Boraks Terhadap Kesehatan

boraks merupakan bahan tambahan yang sangat berbahaya bagi manusia karena merupakan racun. Bila terkonsumsi dalam konsentrasi tinggi racunnya akan mempengaruhi kerja syaraf. Secara awam kita tidak tahu seberapa besar kadar konsentrat formalin dan boraks yang dianggap membahayakan. Oleh karena ada baiknya kita hindari makanan yang mengandung  boraks.

a.       Tanda dan gejala akut :

Muntah-muntah, diare, konvulsi dan depresi SSP(Susunan Syaraf Pusat)

b.       Tanda dan gejala kronis:

- Nafsu makan menurun         
- Gangguan pencernaan          
- Gangguan SSP : bingung dan bodoh
- Anemia, rambut rontok dan kanker.




Jenis Makanan Mengandung Boraks

Cukup sulit menentukan apakah suatu makanan mengandung boraks. Hanya lewat uji laboratorium, semua bisa jelas. Namun, penampakan luar tetap memang bisa dicermati karena ada perbedaan yang bisa dijadikan pegangan untuk menentukan suatu makanan aman dari boraks atau tidak.


Bakso
·         Lebih kenyal dibanding bakso tanpa boraks.Bila digigit akan kembali ke bentuk semula.
·         Tahan lama atau awet beberapa hari.
·         Warnanya tampak lebih putih. Bakso yang aman berwarna abu-abu segar merata di semua bagian, baik di pinggir maupun tengah.
·         Bau terasa tidak alami. Ada bau lain yang muncul.
·         Bila dilemparkan ke lantai akan memantul seperti bola bekel.

Gula Merah
·         Sangat keras dan susah dibelah.
·         Terlihat butiran-butiran mengkilap di bagian dalam.



Saran

Kesadaran dari masyarakat sangat penting, yakni harus lebih jeli dalam memilih makanan dan tidak membelinya bila sepertinya mengandung bahan boraks. Pengawasan yang lebih ketat oleh pemerintah dan pengambilan tindakan tegas, seperti mengirimkan pengawas-pengawas pemerintah ke daerah-daerah tertentu dan membuat undang-undang mengenai boraks. Kesadaran dari masyarakat untuk membantu pemberantasan dan pencegahan penggunaan boraks  pada bahan makanan. Seperti melaporkan kepada yang berwajib jika melihat ada orang lain yang sengaja menggunakan boraks  pada makanan yang dijualnya, dan juga tidak secara sembarangan menjual boraks , tanpa mengetahui latar belakang pembeliannya agar tidak ada lagi penyimpangan tentang penggunaan boraks dalam makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

☺ Thanks, udah berkunjung ☺