Like this ?

Minggu, 13 Mei 2012

Makalah Teknologi Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

A. PENDAHULUAN
          Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana prasarana namun inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan. Teknologi pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran yang konvensional menjadi non konvensional. Dalam rangka Innovative School, sekolah harus merespon perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih yang menyediakan segudang ilmu pengetahuan yang baru dan lama. Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Walaupun demikian, peran guru tetap di butuhkan dikelas, ia sebagai desainer, motivator, pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap dihormati. Teknologi Informasi dan komunikasi (ICT) merupakan suatu kebutuhan menuju innovative school karena dengan penggunaan ICT diharapkan adanya peningkatan mutu belajar/ mengajar, peningkatan produktivitas/efesiensi dan akses, peningkatan sikap belajar yang positif pengembangan professional/staff dan adanya peningkatan profil/pengenalan. Kelima hal tersebut  merupakan harapan sekaligus kebutuhan yang menjadi dasar perlunya penerapan ICT disekolah. Dengan demikian diharapkan sekolah mengalami perubahan-perubahan yang sesuai dengan tuntutan global tetapi tetap searah dengan visi dan misinya yang dikorelasikan dengan kebutuhan sekolah dan daerah. Teknologi pendidikan seringkali diasumsikan dalam persepsi yang mengarah pada masalah elektronika, padahal konsep teknologi mengandung pengertian yang luas untuk itu dalam tulisan ini akan dibahas lebih lanjut.

B. RUMUSAN MASALAH
a.  Apa Pengertian Teknologi Pendidikan
b.  Apa macam-macam Teknologi Pendidikan
c.  Apa manfaat dan kekurangan Teknologi Pendidikan
d.  Apa hubungan Teknologi Pendidikan dan ”Innovative School”.

C. Tujuan Penulisan
              Tujuan penulisan makalah ini selain untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Inovasi dan Teknologi Pendidikan juga bertujuan untuk mengupas tentang masalah  Penerapan Teknologi Pendidikan dalam rangka menuju ” Innovative school ”

D. Manfaat Penulisan
          Penulisan makalah ini tentunya mempunyai manfaat yaitu agar kita dapat mengetahui tentang Penerapan teknologi pendidikan dalam rangka menuju “innovative school “




BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Teknologi pendidikan
          Sebelum membahas teknologi pendidikan terlebih dahulu perlu diketahui pengertian teknologi. Kata teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik. Tapi oleh ilmuwan dan ahli filsafat ilmu pengetahuan diartikan sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis. Jadi teknologi lebih mengacu pada usaha untuk memecahkan masalah manusia.
           Menurut Yp Simon (1983), teknologi adalah suatu disiplin rasional yang dirancang untuk meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah.
          Menurut Paul Saetiles (1968). :“Teknologi selain mengarah pada permesinan, teknologi meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia”. Pengertian Teknologi Pendidikan diabad ke-20 meliputi pertama proyektor slide, kemudian radio dan kemudian gambar hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah sampai lima belas teknologi lebih diartikan papan tulis dan buku.
          Menurut Prof. Sutomo dan Drs. Sugito, M.Pd :“Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia atau pendidikan.
          Menurut ”Mackenzie, dkk” (1976) :“Teknologi Pendidikan yaitu suatu usaha untuk mengembangkan alat untuk mencapai atau menemukan solusi permasalahan”. Jadi Teknologi Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan. Lebih detail dapat diuraikan bahwa: Teknologi Pendidikan lebih dari perangkat keras. Ia terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar. Teknologi dapat juga terdiri segala teknik atau  metode yang dapat dipercaya untuk melibatkan pelajaran, strategi belajar kognitif, dan keterampilan berpikir kritis. Belajar teknologi dapat dilingkungan manapun yang melibatkan siswa belajar secara aktif, konstruktif, autentik dan kooperatif seta bertujuan.

B. Macam-macam Teknologi Pendidikan Dalam inovasi pendidikan
               Tidak bisa lepas dengan masalah revolusi metode, kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan. Sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing global. Untuk itu ada lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik
a. Teknologi yang pertama : Sistem berpikir
          Sistem berpikir menjadikan kita untuk lebih berhati-hati dengan munculnya tiap mode dalam dunia pendidikan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan. Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan riil dibidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum, dimana berbagai hal saling terkait.
b.  Teknologi yang kedua : Desain sistem
          Desain sistem adalah teknologi merancang dan membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan yang cepat yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi kita peralatan untuk menciptakan suatu system yang baru dan suatu strategi untuk perubahan.
c.  Teknologi yang ketiga : Kualitas pengetahuan
          Mutu atau kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu produk atau jasa/layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. Ilmu pengetahuan yang berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi pendidikan/ sekolah.
d. Teknologi yang keempat : Manajemen Perubahan
          Manajemen perubahan adalah suatu cara untuk memandu energy kreatif kearah perubahan positif. Inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAC (perencanaan. Organisasi, Aktualisasi, Kontrol)
e. Teknologi yang kelima : Teknologi pembelajaran
          Disini ada dua bagian yaitu peralatan Pelajar elektronik (computer, multimedia, internet, dan telekomunikasi). Pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar.
          Jadi teknologi pembelajaran adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan belajar.  Kelima teknologi tersebut merupakan suatu keterpaduan untuk menuju inovasi pendidikan sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan / alat elektronik, orang-orang,proses, manajmen intelektual untuk perubahan yang efektif.

2. Macam-macam teknologi pendidikan menurut Davies (1972) ada tiga yaitu:
a. Teknologi pendidikan satu Teknologi pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat keras seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD ROM, LCD, TV, Video dan alat elektronik lainnya. Teknologi mekenik ini dapat mengotomatiskan proses belajar mengajar dengan alat yang memancarkan , memperkuat suara, mendistribusikan, merekam dan mereproduksi stimuli material yang menjangkau pendengar/ siswa dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan efesien.
b.           Teknologi pendidikan dua Teknologi pendidikan dua mengacu pada ”perangkat lunak yaitu menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran. Terutama sekali dalam kurikulum, dalam pengembangan instruksional, metodologi pengajaran dan evaluasi. Jadi teknologi juga menyediakan keperluan bagaimana merancang yang baru atau memperbarui yang sekarang. Bermanfaat pada pengalaman belajar mesin dan mekanisme dipandang sebagai instrument presentasi atau transmisi.
c.            Teknologi pendidikan tiga yaitu kombinasi pendekatan dua teknologi yaitu peragkat keras dan perangkat lunak. Teknologi pendidikan tiga, orientasi utamanya yaitu ke arah pendekatan sistem, dan sebagai alat meningkatkan manfaat dari apa yang yang menarik. Dari ketiga macam tekonologi di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya adalah tidak hanya mengacu pada perangkat keras saja seperti yang umum dijadikan sebagai persepsi yang benar, namun juga meliputi perangkat lunak dan perpaduan keduanya perangkat keras dan lunak.

C. Manfaat Teknologi pendidikan dan kekurangannya
1. Manfaat teknologi pendidikan :
a. Teknologi Pendidikan sebagai peralatan untuk mendukungkonstruksi pengetahuan:
-  Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dankepercayaan
-  Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.

b. Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk
-  Menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar :
-  Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
-  Untuk perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
c. Teknologi pendidikan sebagai media sosial untuk mendukung pelajaran dengan berbicara.
- Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
- Untuk mendiskusikan, berpendapat dan membangun konsensus antara anggota sosial.
d. Teknologi pendidikan sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar
- Untuk membantu pelajar  memprentasikan apa yang mereka  ketahui.
e. Teknologi pendidikan dapat meningkatkan mutu  pendidikan/sekolah.
f. Tekonologi pendidikan  meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.
g. Teknologi pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
2. Kekurangannya
- Pihak guru yang tidak bisa mengoperasikan elektronika akan tertinggalkan oleh siswa
- Teknologi pendidikan baik itu hardware maupun soffware membutuhkan biaya yang mahal.
- Keterbatasan sarana prasarana sekolah akan menghambat inovasi pendidikan.
- Penggunaan teknologi pendidikan dalam bentuk Hardware memerlukan control yang tinggi dari guru atauorang tua terutama internet dan software.
- Teknologi pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi sekolah, sedangkan realita masih kurang
- Siswa yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi  cenderung gagal.


D. Hubungan Teknologi pendidikan dan innovative school inovasi pendidikan
               Merupakan hal yang perlu dilakukan oleh tiap sekolah jika sekolah ingin maju. Perubahan sekolah bukan hanya dilihat dengan adanya seperangkat alat elektronika yang canggih di sekolah, namun banyak aspek yang menjadi indikator. Innovative school artinya perubahan sekolah atau perubahan pendidikan.
Ciri-ciri inovasi pendidikan dapat dikenal dengan beberapa identifikasi, namun menurut Ashby 1967 ada empat :
ü  Ketika masyarakat /orang tua mulai sibuk dengan peran keluarsehingga tugas pendidikan anak sebagian digeser dari orang tuapindah ke guru atau dari rumah ke sekolah.
ü  Terjadi adopsi kata yang ditulis ke instruksi lisan
ü  Adanya penemuan alat untuk keperluan percetakan yang mengakibatkan ketersediaan buku lebih luas.
ü   Adanya alat elektronika yang bermacam-macam radio, telepon, TV,computer, LCD proyektor, perekan internet, LAN, dsb ).

          Keempat perubahan di atas di dunia pendididkan telah menimbulkan banyak masalah, dan untuk itulah kelima teknologi yang dibahas pada pointsebelumnya sangat membantu untuk solusi pemecahan. Perubahan pendidikan/sekolah yang dinginkan sekolah sesuai dengan visi danmisinya. Tentunya sangat tergantung pada lima teknologi tersebut yaitu sistem berfikir, sistem desain, ilmu pengetahuan yang berkualitas, manajmen. Sekarang sekolah negeri maupun swasta mulai berusaha kerasuntuk mengatur kembali sistem pendidikan mereka. Banyak program sekolah yang ditawarkan pada masyarakat baik itu jurusan maupun status sekolah yaitu SSN, unggul, model, internasional, akselerasi dan sarana prasarana nya. Yang jelas perubahan sekolah untuk menghadapi dunia global harus disiapkan dari unsur SDM yang berkualitas sehingga mampu berfikir membuat desain pendidikan  yang baik. Jadi dapat dikatakan bahwa antara inovasi pendidikan dengan teknologi pendidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Inovasi merupakan obyek dan teknologi pendidikan merupakan subyeknya. Dalam inovasi pendidikan butuh SDM dan peralatan yang menunjang.
        Inovasi pendidikan, sebaliknya SDM dan alat tidak akan berfungsi tanpa digunakan untuk sasaran/tujuan yang pasti dan bermanfaat dimasa datang.















B A B III
P E N U T U P

A. Kesimpulan
1. Teknologi pendidikan adalah proses yang komplek yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/pendidikan.
2.  Teknologi pendidikan sangat diperlukan dalam usaha menuju innovative scholl atau perubahan sekolah karena dalam teknologi pendidikan tidak hanya unsure elektronik saja yang ada tapi SDM yang berkualitas atau mampu berpikir, mendesain sistem, dan punya ilmu pengetahuan untuk melakukan manajmen perubahan serta melakukan teknologi pembelajaran.
3.  “ Innovative School “ perlu dilaksanakan supaya sekolah mampu menjawab tantangan global dan tuntutan masyarakat.

B. Saran
1. Hendaknya sekolah mempersiapkan sarana prasarana untuk kebutuhan tekonologi pendidikan.
2. Hendaknya sekolah menyiapkan SDM yang siap menerapkan teknologi pendidikan untuk perubahan sekolah (Innovative School ).
3. Hendaknya pemerintah sering mengadakan pelatihan seperti Jardiknas atau Diklat Komputer.



DAFTAR PUSTAKA

Fred Percival dan Henry Ellington. 1998. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Andi Afifuddin. 2007. Penggunaan metode E-learning dalam proses belajar Mengajar
K. Davis dan Davil H. Jonassen. 1976. Teknologi Pendidikan dan teknologi pembelajaran
Prof. Nyoman S. Degeng. 2004. Pembelajaran Konstruktivitas. Malang
Sutomo dan Sugito. 2005. Problematik Teknologi Pendidikan . Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

☺ Thanks, udah berkunjung ☺