Like this ?

Rabu, 09 Mei 2012

SOP MENGHIDANGKAN MAKANAN DAN MINUMAN KEPADA PASIEN YANG TIDAK DAPAT MAKAN SENDIRI


STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
MENGHIDANGKAN MAKANAN DAN MINUMAN KEPADA PASIEN YANG TIDAK DAPAT MAKAN SENDIRI

A.
PENGERTIAN

Menghidangkan makanan dan minuman kepada pasien sesuai daftar makanan atau diet pasien kepada pasien yang tidak dapat makan sendiri.

B.
TUJUAN

1.      Menghidangkan makanan dan minuman kepada pasien tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan dan dietnya.
2.      Membantu membangkitkan selera makan pasien.

C.
SASARAN

Semua pasien yang tidak dapat makan sendiri.

D.
TENAGA

Perawat atau bidan

E.
KELENGKAPAN SARANA
I
SARANA NON MEDIS
1
Piring 1 buah
2
Sendok 1 buah
3
Garpu 1 buah
4
Gelas berisi minuman + sedotan
5
Serbet / celemek 1 buah
6
Pisau (jika perlu)
7
Nampan / baki 1 buah
8
Tempat cuci tangan  (wastafel+ kran putar) dan sabun cuci tangan

F.
PROSEDUR TETAP PELAYANAN
1
Menyapa dan mengucapkan salam kepada pasien
2
Melakukan anamnesa
3
Menjelaskan prosedur kepada pasien
4
Mempersiapkan kelengkapan makan
5
Mencuci tangan
6
Mengatur posisi pasien dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan
7
Membentangkan serbet di bawah dagu pasien
8
Menawari pasien untuk minum, jika perlu menggunakan sedotan
9
Memberitahu pasien jika makanan panas / dingin, menganjurkan untuk mencicipi makanan terlebih dahulu
10
Menyuapkan makanan sedikit demi sedikit untuk menghindari tersedak sambil berkomunikasi dengan pasien
11
Setelah selesai makan, memberi minum pasien
12
Membersihkan mulut pasien dan sekitarnya
13
Membereskan peralatan dan mengembalikan ke tempat semula
14
Menginformasikan bahwa tindakan pemberian telah selesai
15
Mencuci tangan
16
Mendokumentasikan dalam catatan keperawatan

G.
KEGIATAN POKOK PELAYANAN

1
MENYAPA DAN MENGUCAPKAN SALAM KEPADA PASIEN

1.      Menyapa dengan suara lembut dan ramah sambil menatap mata pasien mengucapkan : Selamat Pagi / Sore Pak / Bu........!!!
2.      Memperkenalkan diri kepada pasien : Perkenalkan Pak / Bu nama Saya..... Saya adalah perawat yang bertugas untuk merawat Bapak / Ibu pada hari ini!!!
2
MELAKUKAN ANAMNESA

Menanyakan dengan lembut dan tenang :
1.      Identitas pasien : Maaf, nama Bapak / Ibu siapa yaa...??? Senangnya dipanggil siapa...???
2.      Menanyakan keadaan pasien hari ini : Bagaimana keadaannya hari ini????
3.      Kalau boleh Saya tahu, apa yang Bapak / Ibu rasakan hari ini?? Apakah ada keluhan??
4.      Apakah Bapak / Ibu hari ini sudah makan?
5.      Kapan terakhir Bapak / Ibu makan hari ini ??
6.      Apakah Bapak / Ibu ingin makan? Apakah Bapak / Ibu ingin Saya bantu untuk menghidangkan  dan memberi makanan??
3
MENJELASKAN PROSEDUR KEPADA PASIEN

1.      Baiklah Pak / Bu, sebentar lagi Saya akan membantu menghidangkan makanan dan minuman kepada Bapak / Ibu sesuai dengan daftar makanan atau diet Bapak / Ibu..
2.      Tujuannya adalah agar makanan dan minuman ini dapat dihidangkan tepat waktu dan sesuai dengan kebutuhan Bapak / Ibu serta untuk membangkitkan selera makan..
3.      Tindakan ini dilakukan diruangan ini saja, waktunya sekitar 10-15 menit....
4.      Jadi sebentar lagi Saya akan membawakan makanan dan minuman untuk Bapak / Ibu lengkap dengan peralatan makannya dan Saya akan membantu Bapak / Ibu untuk makan...
Menanyakan kesediaan pasien : Bagaimana Pak / Bu, apakah bersedia...???
4
MEMPERSIAPKAN KELENGKAPAN MAKAN

1.      Sebelum dihidangkan, memeriksa kembali makanan apakah sudah sesuai dengan daftar makanan atau diet pasien. Mengusahakan makanan yang dihidangkan dalam keadaan hangat kecuali ada kontraindikasi. Menyajikan makanan secukupnya, tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit.
2.      Memastikan bahwa peralatan makan yang akan digunakan bersih.
5
MENCUCI TANGAN

1.    Maaf, Bapak / Ibu akan saya tinggal sebentar ya...
2.    Pemeriksa melepaskan semua perhiasan atau assesoris yang digunakan, kemudian menyingsingkan lengan baju ke atas apabila lengan baju panjang dengan cara telapak tangan dominan diletakkan pada ujung lengan baju bagian bawah kemudian melipat bagian bawah lengan baju ke arah atas hingga melewati siku.
3.    Menempatkan diri berdiri tegak di depan wastafel dengan jarak kurang lebih 15 cm dari bibir wastafel.
4.    Membuka kran :
·        Apabila menggunakan handle kran putar: membuka kran air dengan meletakkan semua ujung jari tangan dominan dengan cara memegang dan  memutar kran ke arah kanan atau searah dengan jarum jam secara perlahan sehingga air bersih cukup mengalir keluar untuk membasahi kedua tangan.
·        Apabila menggunakan handle kran geser: Membuka kran dengan meletakkan siku tangan dominan ke ujung sisi dalam (kiri) handle kran air kemudian menggesernya kearah luar siku (kanan) tangan dominan tersebut secara perlahan sehingga air bersih cukup mengalir keluar untuk membasahi kedua tangan.
5.      Membasahi kedua tangan
·         Satukan kedua telapak tangan posisikan di bawah kran air mengalir kemudian buka telapak tangan ke samping kiri dan kesamping kanan, kemudian posisikan tangan dominan di bawah kran air mengalir, basahi tangan  sampai dengan siku dengan cara gerakan lengan dominan ke arah kiri dengan tujuan membasahi lengan dominan sampai dengan siku pada saat membasahi lengan dengan air sambil diputar 180˚ dari arah dalam ke arah luar.
·         Satukan kedua telapak tangan posisikan di bawah kran air mengalir kemudian buka telapak tangan ke samping kiri dan kesamping kanan, kemudian posisikan tangan non dominan di bawah kran, basahi tangan  sampai dengan siku dengan cara gerakan lengan non dominan ke arah kanan dengan tujuan membasahi lengan non dominan sampai dengan siku pada saat membasahi lengan dengan air sambil diputar 180˚ dari arah dalam ke arah luar.
6.      Mengambil sabun
·         Apabila menggunakan sabun cair dengan cara meletakkan tangan non dominan di bawah tube botol sabun cair untuk menampung sabun dan tangan yang dominan menekan tube botol sabun cair biasa sebanyak 3 ml (2-3 kali tekan) atau sabun cair antiseptik sebanyak 1 ml (1 kali tekan). Kemudian meratakan sabun pada kedua telapak tangan dan menggosok-gosok sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik hingga berbusa.
·         Apabila menggunakan sabun batangan dengan cara mengambil sabun yang sudah siap digunakan dari tempatnya dengan menggunakan tangan dominan, kemudian basahi sabun dibawah air bersih yang mengalir dan digosok-gosok pada kedua telapak tangan sebanyak ± 5 kali (sampai berbusa). Lalu simpan sabun pada tempatnya kembali (usahakan sabun tidak membawa air dengan cara ditiriskan terlebih dahulu)
7.      Membersihkan kedua telapak tangan
·         Membersihkan telapak tangan dengan menyatukan kedua telapak tangan sambil ditekan dan kedua telapak tangan saling menggosok-gosokan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik.
8.      Membersihkan punggung tangan dan sela-sela jari
·         Membersihkan punggung tangan non dominan dengan cara telapak tangan dominan menempel pada punggung tangan non dominan kemudian menggosok-gosok punggung tangan non dominan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik
·         Membersihkan sela-sela jari punggung tangan non dominan dengan cara meregangkan jari-jari tangan non dominan dan punggung tangan non dominan masih menempel pada telapak tangan dominan, kemudian jari-jari tangan dominan berada di sela-sela jari tangan non dominan dan lakukan gerakan menggosok dengan arah keatas dan kebawah.
·         Membersihkan sela-sela jari punggung tangan dominan dengan cara meregangkan jari-jari tangan dominan dan punggung tangan dominan menempel pada telapak tangan non dominan, kemudian jari-jari tangan non dominan berada di sela-sela jari tangan dominan dan lakukan gerakan menggosok dengan arah keatas dan kebawah.
9.      Membersihkan sela-sela jari
·         Membersihkan sela-sela jari dengan cara kedua telapak tangan menyatu dan jari-jari tangan meregang kemudian kedua jari-jari tangan saling menyilang ke sela-sela jari lainnya kemudian dengan menggunakan ujung jari dominan menggosok-gosokan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik disela jari non dominan, untuk sela jari dominan lalkukan dengan cara sama.

10.  Membersihkan persendian jari tangan non dominan dengan cara  menekuk tangan nondominan dan menempelkan pada telapak tangan dominan kemudian menggosok bagian punggung tangan non dominan dengan menggerakkan telapak tangan dominan ke arah depan belakang telapak tanagn non dominan di batas pergelangan tangan lalu turun ke punggung jari tangan non dominan sampai kuku secara bolak-balik dilakukan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik, lakukan hal yang sama pada persendian jari tangan dominan.
11.  Membersihkan ibu jari tangan non dominan dan area sekitarnya dengan cara menggenggam ibu jari tangan non dominan dengan tangan dominan dan tangan dominan menggosok memutar mengelilingi ibu jari tangan non dominan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik, lakukan secara bergantian pada ibu jari tangan dominan.
12.  Membersihkan ujung jari dan garis-garis tangan
·         Membersihkan garis-garis tangan dengan cara ujung jari-jari tangan dominan di kuncupkan lalu ditempelkan pada telapak tangan non dominan, kemudian ujung jari tangan dominan tersebut menggosok secara searah garis tangan non dominan.
·         Membersihkan ujung jari beserta ujung kuku dengan cara merapatkan ke empat jari-jari tangan dominan kemudian menempelkan pada telapak tangan non dominan lalu menggosok-gosok secara searah (dari atas / dekat ibu jari tangan non dominan ke bawah / arah kelingking tangan non dominan).
·         Membersihkan ujung ibu jari dan kuku tangan dominan dengan cara menempelkan pada telapak tangan non dominan lalu menggosok-gosok secara searah (dari atas / dekat ibu jari tangan non dominan ke bawah/ke arah kelingking tangan non dominan)
·         Melakukan semua langkah di atas sebanyak 10 kali dalam 10 - 15 detik, dan melakukan secara bergantian pada ujung jari tangan nondominan dan garis tangan dominan.
13.  Membersihkan pergelangan tangan non dominan dengan cara telapak tangan dominan memegang pergelangan tangan non dominan kemudian menggosok-gosok pergelangan tangan non dominan secara memutar sampai dengan siku, lakukan hal yang sama pada pergelangan tangan dominan.
14.  Membilas kedua tangan di bawah air mengalir dengan cara telapak tangan saling menggosok-gosok dibawah air yang mengalir kemudian menegakkan  kedua lengan tangan bagian bawah sampai siku membentuk sudut 90 sehingga ujung jari tangan sampai siku dan semua sisi telapak tangan serta sisi-sisi lengan bawah terbilas oleh air (siku berada didalam atas wastafel). Dapat dilakukan secara berulang sampai busa sabun hilang dan tangan terasa tidak licin.   
15.  Menutup keran
·         Apabila menggunakan handle kran putar : Mengambil tissue secukupnya ± 2 sheet dan membersihkan kedua telapak tangan terlebih dahulu (apabila telapak tangan masih basah maka dapat mengambil kembali tissue), kemudian mengambil tissue lalu menempelkan tissue pada handle kran putar dengan seluruh ujung jari tangan dominan berada diatas handle kran putar yang sudah di alasi tissue kemudian memutar kran ke arah kanan atau searah dengan jarum jam. Kemudian tissue dibuang pada tempat sampah non medis dengan cara menjatuhkan tissue tepat di atas tempat sampah dengan jarak ± 1m.
·         Apabila menggunakan handle kran geser : Menutup kran dengan meletakkan siku tangan dominan ke ujung handle kran air kemudian menggesernya kearah dalam siku tangan dominan tersebut.
16.  Mengeringkan tangan
·         Bila menggunakan mesin penggering  tadahkan kedua tangan dibawah mesin. Jaga agar kedua tangan tidak menyentuh permukaan mesin.
·         Bila menggunakan tissue dengan cara mengambil tissue sheet yang sudah siap ambil (ujung tissue berada diluar, sehingga siap digunakan) dengan tangan dominan ± 2 sheet dan keringkan tangan non dominan dengan menekan menggunakan tissue mulai dari telapak tangan non dominan sampai siku (mengambil kembali tissue apabila tangan masih belum kering), setelah selesai buang tissue pada tempat sampah non medis dengan cara menjatuhkan tissue tepat di atas tempat sampah dengan jarak ± 1m.
Lakukan mengeringkan tangan dominan seperti cara di atas.
6
MENGATUR POSISI PASIEN DENGAN POSISI KEPALA LEBIH TINGGI DARI BADAN

Mengangkat kepala pasien secara perlahan kemudian meletakkan bantal dibawah kepala pasien.
Maaf Pak / Bu,, Saya akan mengatur posisi kepala Bapak / Ibu agar lebih tinggi dan memudahkan Bapak / Ibu untuk menelan makanan dan menghindari tersedak, dengan meletakkan bantal ini dibawah kepala Bapak / Ibu...
7
MEMBENTANGKAN SERBET DI BAWAH DAGU PASIEN

Meletakkan serbet dibawah dagu dengan menyelipkan serbet didalam kerah baju pasien.
Permisi Pak / Bu,, Saya akan membentangkan serbet ini di bawah dagu Bapak / Ibu agar apabila ada makanan atau minuman yang jatuh tidak akan mengotori baju...
8
MENAWARKAN PASIEN UNTUK MINUM, JIKA PERLU MENGGUNAKAN SEDOTAN

Menyodorkan minuman dalam gelas beserta sedotan dan menawarkan pasien untuk minum.
Apakah Bapak / Ibu ingin minum terlebih dahulu?? Saya akan bantu, silahkan Bapak / Ibu minum dengan sedotan ini...
9
MEMBERITAHU PASIEN JIKA MAKANAN PANAS / DINGIN, MENGANJURKAN UNTUK MENCICIPI MAKANAN TERLEBIH DAHULU

Mengangkat piring berisi makanan ke dekat pasien dan mempersilahkan pasien untuk mencicipi makanan terlebih dahulu.
Maaf Pak / Bu,, makanan ini panas / dingin,, Bapak / Ibu dapat mencicipi makanan ini terlebih dahulu, Saya akan membantu...
10
MENYUAPKAN MAKANAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT UNTUK MENGHINDARI TERSEDAK SAMBIL BERKOMUNIKASI DENGAN PASIEN

Menyendok makanan setengah sendok makan kemudian menyuapkan makanan tersebut ke mulut pasien secara perlahan.
Saya akan membantu untuk menyuapkan makanan ini sedikit demi sedikit agar Bapak / Ibu tidak tersedak saat makan…
11
SETELAH SELESAI MAKAN, MEMBERI MINUM PASIEN

Memberikan minuman kepada pasien dengan menggunakan gelas dan meminta pasien minum menggunakan sedotan secara perlahan.
Bapak / Ibu sudah selesai makan,, sekarang Saya akan bantu untuk memberi minum ini...
12
MEMBERSIHKAN MULUT PASIEN DAN SEKITARNYA

Mengambil tisu kemudian mengelap sekitar mulut pasien dengan gerakan memutar secara perlahan.
Permisi Pak / Bu,, Saya akan membersihkan mulut Bapak / Ibu dengan tisu ini...
13
MEMBERESKAN PERALATAN DAN MENGEMBALIKAN KE TEMPAT SEMULA

Merapikan dan mengangkat semua peralatan makan yang telah digunakan, meletakkan semua peralatan kembali ke baki.
Baiklah Pak / Bu, Saya telah selesai membantu Bapak / Ibu untuk makan dan minum..
Saya akan membereskan kembali peralatan ini ke tempat semula…
14
MENGINFORMASIKAN BAHWA TINDAKAN PEMBERIAN TELAH SELESAI

Baiklah Pak/Bu, saya sudah selesai membantu anda untuk makan. Bagaimana perasaan anda saat ini?
Baiklah Pak/Bu, nanti saya akan datang lagi untuk melihat keadaan Bapak/Ibu..
Jika ada sesuatu, anda bisa memanggil saya.. Permisi...
15
MENCUCI TANGAN

1.    Pemeriksa menyingsingkan lengan baju ke atas apabila lengan baju panjang dengan cara telapak tangan dominan diletakkan pada ujung lengan baju bagian bawah kemudian melipat bagian bawah lengan baju ke arah atas hingga melewati siku.
2.    Menempatkan diri berdiri tegak di depan wastafel dengan jarak kurang lebih 15 cm dari bibir wastafel.
3.    Membuka kran :
·        Apabila menggunakan handle kran putar: membuka kran air dengan meletakkan semua ujung jari tangan dominan dengan cara memegang dan  memutar kran ke arah kanan atau searah dengan jarum jam secara perlahan sehingga air bersih cukup mengalir keluar untuk membasahi kedua tangan.
·        Apabila menggunakan handle kran geser: Membuka kran dengan meletakkan siku tangan dominan ke ujung sisi dalam (kiri) handle kran air kemudian menggesernya kearah luar siku (kanan) tangan dominan tersebut secara perlahan sehingga air bersih cukup mengalir keluar untuk membasahi kedua tangan.
4.      Membasahi kedua tangan
·         Satukan kedua telapak tangan posisikan di bawah kran air mengalir kemudian buka telapak tangan ke samping kiri dan kesamping kanan, kemudian posisikan tangan dominan di bawah kran air mengalir, basahi tangan  sampai dengan siku dengan cara gerakan lengan dominan ke arah kiri dengan tujuan membasahi lengan dominan sampai dengan siku pada saat membasahi lengan dengan air sambil diputar 180˚ dari arah dalam ke arah luar.
·         Satukan kedua telapak tangan posisikan di bawah kran air mengalir kemudian buka telapak tangan ke samping kiri dan kesamping kanan, kemudian posisikan tangan nondominan di bawah kran, basahi tangan  sampai dengan siku dengan cara gerakan lengan non dominan ke arah kanan dengan tujuan membasahi lengan non dominan sampai dengan siku pada saat membasahi lengan dengan air sambil diputar 180˚ dari arah dalam ke arah luar.
5.      Mengambil sabun
·         Apabila menggunakan sabun cair dengan cara meletakkan tangan non dominan di bawah tube botol sabun cair untuk menampung sabun dan tangan yang dominan menekan tube botol sabun cair biasa sebanyak 3 ml (2-3 kali tekan) atau sabun cair antiseptik sebanyak 1 ml (1 kali tekan). Kemudian meratakan sabun pada kedua telapak tangan dan menggosok-gosok sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik hingga berbusa.
·         Apabila menggunakan sabun batangan dengan cara mengambil sabun yang sudah siap digunakan dari tempatnya dengan menggunakan tangan dominan, kemudian basahi sabun dibawah air bersih yang mengalir dan digosok-gosok pada kedua telapak tangan sebanyak ± 5 kali (sampai berbusa). Lalu simpan sabun pada tempatnya kembali (usahakan sabun tidak membawa air dengan cara ditiriskan terlebih dahulu)
6.      Membersihkan kedua telapak tangan
·         Membersihkan telapak tangan dengan menyatukan kedua telapak tangan sambil ditekan dan kedua telapak tangan saling menggosok-gosokan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik.
7.      Membersihkan punggung tangan dan sela-sela jari
·         Membersihkan punggung tangan non dominan dengan cara telapak tangan dominan menempel pada punggung tangan non dominan kemudian menggosok-gosok punggung tangan non dominan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik
·         Membersihkan sela-sela jari punggung tangan non dominan dengan cara meregangkan jari-jari tangan non dominan dan punggung tangan non dominan masih menempel pada telapak tangan dominan, kemudian jari-jari tangan dominan berada di sela-sela jari tangan non dominan dan lakukan gerakan menggosok dengan arah keatas dan kebawah.
·         Membersihkan sela-sela jari punggung tangan dominan dengan cara meregangkan jari-jari tangan dominan dan punggung tangan dominan menempel pada telapak tangan non dominan, kemudian jari-jari tangan non dominan berada di sela-sela jari tangan dominan dan lakukan gerakan menggosok dengan arah keatas dan kebawah.
8.      Membersihkan sela-sela jari
·         Membersihkan sela-sela jari dengan cara kedua telapak tangan menyatu dan jari-jari tangan meregang kemudian kedua jari-jari tangan saling menyilang ke sela-sela jari lainnya kemudian dengan menggunakan ujung jari dominan menggosok-gosokan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik disela jari non dominan, untuk sela jari dominan lalkukan dengan cara sama .
9.      Membersihkan persendian jari tangan non dominan dengan cara  menekuk tangan non dominan dan menempelkan pada telapak tangan dominan  kemudian menggosok bagian punggung tangan non dominan dengan menggerakkan telapak tangan dominan ke arah depan belakang telapak tanagn non dominan di batas pergelangan tangan lalu turun ke punggung jari tangan non dominan sampai kuku secara bolak-balik dilakukan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik, lakukan hal yang sama pada persendian jari tangan dominan.
10.  Membersihkan ibu jari tangan non dominan dan area sekitarnya dengan cara menggenggam ibu jari tangan non dominan dengan tangan dominan dan tangan dominan menggosok memutar mengelilingi ibu jari tangan non dominan sebanyak 10 kali dalam 10-15 detik, lakukan secara bergantian pada ibu jari tangan dominan.
11.  Membersihkan ujung jari dan garis-garis tangan
·         Membersihkan garis-garis tangan dengan cara ujung jari-jari tangan dominan di kuncupkan lalu ditempelkan pada telapak tangan non dominan, kemudian ujung jari tangan dominan tersebut menggosok secara searah garis tangan non dominan.
·         Membersihkan ujung jari beserta ujung kuku dengan cara merapatkan ke empat jari-jari tangan dominan kemudian menempelkan pada telapak tangan non dominan lalu menggosok-gosok secara searah (dari atas / dekat ibu jari tangan non dominan ke bawah / arah kelingking tangan non dominan)
·         Membersihkan ujung ibu jari dan kuku tangan dominan dengan cara menempelkan pada telapak tangan non dominan lalu menggosok-gosok secara searah (dari atas / dekat ibu jari tangan non dominan ke bawah/ke arah kelingking tangan non dominan)
·         Melakukan semua langkah di atas sebanyak 10 kali dalam 10 - 15 detik, dan melakukan secara bergantian pada ujung jari tangan non dominan dan garis tangan dominan.
12.  Membersihkan pergelangan tangan non dominan dengan cara telapak tangan dominan memegang pergelangan tangan non dominan kemudian menggosok-gosok pergelangan tangan non dominan secara memutar sampai dengan siku, lakukan hal yang sama pada pergelangan tangan dominan.
13.  Membilas kedua tangan di bawah air mengalir dengan cara telapak tangan saling menggosok-gosok dibawah air yang mengalir kemudian menegakkan  kedua lengan tangan bagian bawah sampai siku membentuk sudut 90 sehingga ujung jari tangan sampai siku dan semua sisi telapak tangan serta sisi-sisi lengan bawah terbilas oleh air (siku berada didalam atas wastafel). Dapat dilakukan secara berulang sampai busa sabun hilang dan tangan terasa tidak licin.   
14.  Menutup keran
·         Apabila menggunakan handle kran putar : Mengambil tissue secukupnya ± 2 sheet dan membersihkan kedua telapak tangan terlebih dahulu (apabila telapak tangan masih basah maka dapat mengambil kembali tissue), kemudian mengambil tissue lalu menempelkan tissue pada handle kran putar dengan seluruh ujung jari tangan dominan berada diatas handle kran putar yang sudah di alasi tissue kemudian memutar kran ke arah kanan atau searah dengan jarum jam. Kemudian tissue dibuang pada tempat sampah non medis dengan cara menjatuhkan tissue tepat di atas tempat sampah dengan jarak ±1m.
·         Apabila menggunakan handle kran geser : Menutup kran dengan meletakkan siku tangan dominan ke ujung handle kran air kemudian menggesernya kearah dalam siku tangan dominan tersebut.
15.  Mengeringkan tangan
·         Bila menggunakan mesin penggering  tadahkan kedua tangan dibawah mesin. Jaga agar kedua tangan tidak menyentuh permukaan mesin.
·         Bila menggunakan tissue dengan cara mengambil tissue sheet yang sudah siap ambil (ujung tissue berada diluar, sehingga siap digunakan) dengan tangan dominan ± 2 sheet dan keringkan tangan non dominan dengan menekan menggunakan tissue mulai dari telapak tangan non dominan sampai siku (mengambil kembali tissue apabila tangan masih belum kering), setelah selesai buang tissue pada tempat sampah non medis dengan cara menjatuhkan tissue tepat di atas tempat sampah dengan jarak ± 1m.
Lakukan mengeringkan tangan dominan seperti cara di atas.
16
MENDOKUMENTASIKAN DALAM CATATAN KEPERAWATAN

Pendokumentasian yang dapat meliputi :
·         Tindakan dan hasil respon pasien.
·         Kondisi kesehatan pasien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

☺ Thanks, udah berkunjung ☺