Like this ?

Minggu, 13 Mei 2012

CARA MENCARI MASALAH DAN PENENTUAN JUDUL PENELITIAN



CARA MENCARI MASALAH DAN PENENTUAN JUDUL PENELITIAN

1.      KORELASI
KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA

2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
STUDI KOMPERATIF/PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA

3.     KUALITATIF/STUDI KASUS
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA

4.     PROSENTASE (KUANTITATIF)
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA

LATAR BELAKANG
1.      KORELASI
KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
a.         Pengamatan saya kemampuan belajar siswa cukup tinggi, tapi kenapa nilai ulangan/ujian siswa rendah-rendah
b.         Dalam rekap nilai ulangan/ujian siswa hanya 35 % yang mendapat nilai 7 ke atas, 65 % nilai 6 ke bawah, malah ada yang nilai 3
c.         Pada hal saat proses belajar mengajar siswa rata-rata baik dalam menjawab pertanyaan guru, mencerna materi pelajaran dll




2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
STUDI KOMPERATIF/PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
a.         Pengamatan saya terhadap proses belajar siswa cukup baik dan dalam merespon pertanyaan guru cukup tinggi, baik siswa laki-laki maupun perempuan
b.         Tapi dalam hasil ulangan/ujian nilai siswa laki-laki sebahagian besar renda dari siswa perempuan
c.         Prosentase siswa laki-laki yang mendapat nilai 70 ke atas paling 15 % saja, sedangkan siswa perempuan diatas 70 keatas % 85 %
d.         Sedangkan pelayanan guru dalam proses belajar mengajar tidak ada perbedaan, malah siswa laki-laki yang lebih banyak diperhatikan guru ketimbang siswa perempuan

3.     KUALITATIF/STUDI KASUS
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS 3 SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
a.         Dalam proses belajar mengajar kemampuan siswa rata-rata baik bahkan melebihi dari dari target pencapaian guru, tapi kenapa nilai ulangan/ujian siswa rendah-rendah
b.         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, hasilnya kurang baik, cendrung tidak mampu
c.         Pada hal saat proses belajar mengajar berlangsung aktivitas siswa sangat tinggi dan respon mereka baik sekali.

4.     PROSENTASE
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA
a.         Dalam proses belajar mengajar kemampuan siswa rata-rata baik bahkan melebihi dari dari target pencapaian guru, tapi kenapa nilai ulangan/ujian siswa rendah-rendah
b.         Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, hasilnya kurang baik, cendrung tidak mampu
c.         Pada hal saat proses belajar mengajar berlangsung aktivitas siswa sangat tinggi dan respon mereka baik sekali.
CARA MERUMUSKAN MASALAH
1.      KORELASI
APAKAH ADA KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?

2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
APAKAH ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?

3.     KUALITATIF/STUDI KASUS
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS 3 SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?

4.     PROSENTASE
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA ?

CARA MERUMUSKAN HIPOTESIS PENELITIAN
1.      KORELASI
APAKAH ADA KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?

Ho   :    Tidak ada Korerlasi/Hubungan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka Raya ?
Ha   :    Ada Korerlasi/Hubungan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka Raya ?




2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
APAKAH ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?
Ho   :    Tidak Ada Perbedaan Antara Prestasi Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada Sma Negeri IV Palangka Raya
Ho   :    Ada Perbedaan Antara Prestasi Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada Sma Negeri IV Palangka Raya

3.     KUALITATIF/STUDI KASUS
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS III SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?

4.     PROSENTASE
BAGAIMANAKAH KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA ?

CARA MERUMUSKAN TUJUAN PENELITIAN
1.      KORELASI
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !

2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !



3.     KUALITATIF/STUDI KASUS
UNTUK MENDESKRIPSIKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS III SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !

4.     PROSENTASE
UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA !

CARA MERUMUSKAN MANFAAT PENELITIAN
1.      KORELASI
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
a.         Bermanfaat bagi guru dalam pengembangan proses belajar mengajar ke depan yang lebih baik 
b.         Bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pembinaan kepada guru-guru
c.         Bermanfaat bagi siswa sebagai bahan evaluasi diri

2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
UNTUK MENGETAHUI ADA/TIDAK ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
a.         Bermanfaat bagi guru dalam pengembangan proses belajar mengajar ke depan yang lebih baik, evaluasi penerapan proses belajar mengajar, terutama fokus kepada siswa laki-laki
b.         Bermanfaat bagi kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan pembinaan dan supervisi klinis kepada guru-guru
c.         Bermanfaat bagi siswa sebagai bahan evaluasi diri


3.     KUALITATIF/STUDI KASUS
UNTUK MENDESKRIPSIKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS III SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA !
a.         Bermanfaat bagi siswa dalam mengevaluasi kembali kegiatan mengikuti proses belajar mengajar
b.         Bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang lebih baik, dan memberikan banyak forsi perhatian belajar kepada siswa laki-laki
c.         Bermanfaat bagi kepala sekolah dalam mengambil kebijakan akademik

4.     PROSENTASE
UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA !
a.         Bermanfaat bagi siswa dalam mengevaluasi kembali kegiatan mengikuti proses belajar mengajar
b.         Bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang lebih baik, dan memberikan banyak forsi perhatian belajar kepada siswa laki-laki
c.         Bermanfaat bagi kepala sekolah dalam mengambil kebijakan akademik









SAMPEL
KEMAMPUAN BELAJAR
PRESTASI BELAJAR
1
85
83
2
74
77
3
92
89
4
47
51
5
64
60
6
88
85
7
93
90
8
57
55
9
85
83
10
74
77
11
92
89
12
47
51
13
64
60
14
88
85
15
93
90
16
57
55
17
64
60
18
88
85
19
93
90
20
57
55
21
85
83
22
74
77
23
92
89
24
88
85
25
93
90
26
57
55
27
64
60
88
85
29
93
90
30
57
55
31
88
85
32
93
90
33
57
55
34
64
60
35
88
85
36
93
90
37
57
55
38
85
83
39
74
77
40
92
89
41
88
85
42
88
85
43
93
90
44
57
55
45
88
85
46
93
90
47
57
55
48
64
60
49
88
85
50
93
90
JLH



METODE PENELITIAN
1.      KORELASI
KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA
DESKRIPTIP
KORELASI
Ho   :    Tidak ada Korerlasi/Hubungan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka Raya
Ho   :    Ada Korerlasi/Hubungan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka Raya

RUMUS



Keterangan:
rxy       = Angka Indeks Korelasi “r” Product Moment
X         = Skor Variabel X
Y         = Skor Variabel Y
X       = Jumlah selirih skor X
Y       = Jumlah seluruh skor Y
XY    = Jumlah hasil perkalian antara skor X dan skor Y
N         = Jumlah Sampel
Dalam melakukan interprestasi data, terlebih dahulu dicari derajat bebas (Db) dengan rumus :

Db = N – nr

Db = Derajat bebas
Nr = banyaknya variabel yang dikorelasikan
N  = Number of cases/objek




ESTIMASI/KRITERIA :
Ha  :  diterima, apabila rh › rt significance 5 %  = 0,288
Ho  :  diterima, apabila rh ‹ rt significance 5 %  = 0,288
Ha  :  ditolak, apabila rh ‹ rt significance 5 %  = 0,288
Ho  :  ditolak, apabila rh › rt significance 5 %  = 0,288

Dengan berkonsultasi pada table nilai “r” Product Moment DB  =  48  dengan taraf signifikan 5 %  diperoleh  r tabel =  0,288

Dalam memberikan interprestasi secara sederhana terhadap angka indeks korelasi “r” Product Moment (rxy), pada umunya dipergunakan pedoman atau ancar-ancar. Sedangkan kriteria untuk hipotesis mana yang diterima ditetapkan sebagai berikut :
Besarnya “r” Product Moment (rxy)
Interprestasi
0,00 – 0, 20
Angka variabel X dan Y memang terdapat korelasi, akan tetapi korelasi itu sangat lemah atau sangat rendah sehingga korelasi itu diabaikan (dianggap tidak ada korelasi antara variabel X dan Y).
0,20 – 0, 40
Angka variabel X dan Y terdapat korelasi yang lemah atau rendah.
0,40 – 0,70
Angka variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang.
0,70 – 0,90
Angka variabel X dan Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi.
0,90 – 1,00
Angka variabel X dan Y terdapat korelasi yang sangat kuat atau sangat tinggi.
(Anas Sudjono,2006:193)
2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
STUDI KOMPERATIF/PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA

3.     KUALITATIF/STUDI KASUS
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA

4.     PROSENTASE
KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA



1.      KORELASI
APAKAH ADA KORERLASI/HUBUNGAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?

Ho   :    Tidak ada Korerlasi/Hubungan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka Raya ?
Ho   :    Ada Korerlasi/Hubungan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri IV Palangka Raya ?




2.     KOMPARASI/PERBEDAAN
APAKAH ADA PERBEDAAN ANTARA PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PEREMPUAN PADA SMA NEGERI IV PALANGKA RAYA ?
Ho   :    Tidak Ada Perbedaan Antara Prestasi Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada Sma Negeri IV Palangka Raya
Ho   :    Ada Perbedaan Antara Prestasi Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Prestasi Belajar Siswa Perempuan Pada Sma Negeri IV Palangka Raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar

☺ Thanks, udah berkunjung ☺